Entrepreneur dan Akuntansi


Masa sih kalau mau jadi entrepreneur itu harus mengerti laporan keuangan?? Kalau menurutku sih mau jadi entrepreneur gak perlu paham apa yang namanya laporan keuangan. Entrepreneur yang berhasil adalah mereka-mereka yang dapat menerapkan disiplin akuntansi dalam menjalankan usahanya.
Nah, apa pula itu disiplin akuntansi? Untuk memahami yang namanya disiplin akuntansi harus mengerti dulu apa itu akuntansi. Jadi,, akuntansi bisa pula dikatakan sebagai catatan sejarah. sejarah disini tentu saja sejarah transaksi keuangan. akuntansi selalu bersifat objektif walaupun tak selamanya objektif.
Layaknya taksonomi yang mengklasifikasikan makhluk hidup kedalam berbagai genus, famili, dan spesies, akuntansi juga mengklasifikasikan transaksi-transaksi keuangan. klasifikasi ini tidak sebatas membedakan mana pendapatan dan mana beban. tetapi lebih jauh lagi, beban dari aktifitas apa dan pendapatan dari aktifitas apa. inilah inti dari disiplin akuntansi.
Entrepreneur harus disiplin dalam melaksanakan hal ini. Sebagai contoh, entrepreneur yang sukses akan memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan usahanya. Jika ia memmbuka warung bakso, maka entrepreneur akan memisahkan uang yang dia gunakan untuk keperluan dia sehari-hari dengan uang yang digunakannya dalam membuka warung bakso. Begitu pula jika ia mempunyai warung bakso dan penggilingan padi, maka ia akan memisahkan uang nya menjadi tiga. pertama untuk keperluan sehari-hari, kedua untuk warung bakso, dan ketiga untuk penggilingan padi.
sebenarnya untuk apa susah-susah memisahkan uang sedemikian rupa, toh semuanya untuk memenuhi keperluan kita. Nah, disinilah kemudian akuntansi berkembang menjadi seperti sekarang ini, so complicated. dengan pemisahan ini kita akan mengetahui seberapa besar keuntungan yang kita peroleh, lalu selanjutnya kita dapat merencanakan untuk apa keuntungan tersebut. yang pertama mungkin untuk melunasi utang-utang saat kita membuka warung bakso atau penggilingan padi, lalu untuk pengembangan usaha, baru sisanya untuk keperluan sehari-hari kita.
Nah, jadi tak perlu memahami laporan keuangan untuk menjadi entrepreneur yang sukses. karena laporan keuangan dan akuntansi itu sendiri hanya sebuah cara untuk memudahkan entrepreneur mengambil keputusan. yang lebih penting adalah bagaimana kita berdisiplin dalam memutuskan sesuatu.

sampai jumpa lagi lain waktu dengan saya.

0 komentar:

Comersial Box